Waktu Yang Baik Untuk Membaca Shalawat Nabi

waktu yang baik untuk membaca shalawat

Diantara hak-hak kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah mengkhususkan sholawat bagi beliau sebagaimana yang diperintahkan Alloh Subhanahu wa Ta’ala dalam kitab dan sunnah Nabi-Nya yang mulia, sehingga setiap orang yang bershalawat untuk beliau akan memperoleh pahala yang berlipat ganda dan sungguh bahagialah mereka yang mendapatkan hal tersebut.

Hukum Sholawat untuk Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam

Sebagian para ulama menghukumi shalawat untuk Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai suatu kewajiban, Al-Qodhi Abu Bakar bin Bakir berkata :”  Alloh Subhanahu wa Ta’ala telah mewajibkan makhlukNya untuk bershalawat dan salam untuk Nabi-Nya. Dan tidak menjadikan itu dalam perkara tertentu saja. Jadi yang wajib adalah hendaknya seseorang memperbanyak shalawat dan salam untuk beliau dan tidak melalaikannya.

Keutamaaan Shalawat dan Salam untuk Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:” Jika kalian mendengar orang yang adzan maka ucapkanlah seperti apa yang ia ucapkan dan bershalawatlah untukku karena barangsiapa yang bershalawat untukku sekali maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.” (HR.Muslim).

Waktu yang disunnahkan membaca Shalawat dan Salam untuk Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam

  1. Sebelum berdo’a

Dalam sebuah hadist disebutkan;” Doa itu terhalangi, hingga orang yang berdoa itu bershalawat untuk Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam ( HR. Thabroni)

  1. Ketika menyebut, mendengar atau menulis nama Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:”Celakalah seseorang yang namaku disebutkan di sisinya lalu ia tidak bershalawat untukku.” (HR.at-Tirmidzi dan al-Hakim)

  1. Memperbanyak shalawat untuknya pada hari jum’at

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:” Sesungguhnya diantara hari-hari yang paling afdhol adalah hari jum’at, maka perbanyaklah shalawat untukku pada hari itu, karena shalawat kalian akan sampai kepadaku…” (HR. Abu Dawud, Ahmad dan al-Hakim)

  1. Ketika masuk dan keluar masjid

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:” Bila kamu masuk masjid, maka ucapkanlah

“Dengan nama Allah, shalawat dan salam semoga terlimpahkan kepada Rasulullah, Ya, Allah bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu.”(HR.Ibnu Majah dan at-Tirmidzi).

Adapun bacaan shalawat nabi yang benar sesuai tuntunan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, anda bisa membacanya di SINI.

Demikian beberapa point penting tentang Waktu Yang Baik Untuk Membaca Shalawat Nabi, semoga artikel ini bermanfaat, sehingga bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments links could be nofollow free.