Mengenal Profile Radio FajriFM 99.3

fajri fm

Mengenal Profile Radio Fajri. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan radio! Ya.. Radio Merupakan dunia yang tak asing lagi bagi masyarakat. Dari lapisan bawah, menengah, hingga lapisan atas, baik tua maupun muda, semuanya pasti akrab dengan media yang satu ini.

Radio bisa menjadi teman di mana saja, kapan saja, dan apapun yang sedang anda lakukan. Radio pun menjadi teman di kamar tidur, di ruang makan, atau di mobil. Pada pagi, siang, sore atau malam hari. Sambil tiduran, sambil belajar, sambil makan, bahkan saat sedang bekerja di kantor atau di pabrik, suara radio mengalun mengisi hari-hari.

images

 

Mengenal Profile Radio Fajri

Mengenal Media Radio

Radio merupakan media massa auditif, yakni media yang hanya bisa dikonsumsi indra pendengaran atau telinga, sehingga sifatnya adalah ‘sepintas dengar’. Disebut sepintas dengar karena ketika pendengar kurang mengerti isi siaran yang sedang berlangsung, maka pendengar tidak bisa memutar ulang siaran tersebut. Hal ini tidak seperti Koran atau Majalah, dimana jika pembaca kurang memahami bacaan maka ia bisa mengulang kembali dengan membuka halaman koran atau majalah yang ia inginkan. Nah.. dikarenakan sifatnya yang hanya ‘sepintas dengar’. Maka informasi dan materi yang disampaikan oleh penyiar radio harus jelas dengan bahasa yang mudah dicerna oleh pendengar.

Satu lagi, meskipun hanya memperdengarkan suara, namun radio dapat menciptakan gambar imajinasi pendengar dengan kekuatan kata dan suara. Siaran radio merupakan seni memainkan imajinasi pendengar melalui kata dan suara yang dikenal dengan istilah teater of mind. Pendengar hanya bisa membayangkan apa yang dikemukakan oleh penyiar, termasuk membayangkan sosok penyiar.

Perkembangan Teknologi Radio

AM (Amplitudo Modulation) dan FM (Frekuensi Modulation) merupakan dua alternatif yang dapat digunakan dalam mentransferkan data suara. Gelombang AM memiliki range jangkauan yang lebih luas daripada gelombang FM. Hal tersebut dikarenakan gelombang AM memiliki panjang gelombang yang lebih panjang dibanding gelombang FM. Namun dari segi kualitas suara, tentu gelombang AM masih kalah jernih dibandingkan FM.

Hingga tahun ’80-an, stasiun radio broadcast (siaran) masih banyak yang menggunakan modulasi AM. Pada saat itu, umumnya tidak ada siaran radio yang mampu menampilkan suara bening, apalagi stereo. Belum lagi kalau cuaca sedang tidak mendukung. Wah, pokoknya kita tak bisa menikmati indahnya suara siaran radio senyaman saat ini.

Setelah periode itu, mulai bermunculan stasiun radio siaran pengusung modulasi FM (Frequency Modulation). Jenis modulasi ini mampu memanjakan pendengar siaran karena menghasilkan suara yang lebih bening dan lebih jelas. Selain itu, ia dapat diterima dengan pola mono atau stereo.

Berbeda dengan gelombang AM, gelombang FM bebas dari pengaruh gangguan udara. Frekuensi yang dialokasikan secara internasional untuk siaran FM berada diantara 88 – 108 MHz, dimana pada wilayah frekuensi ini secara relatif bebas dari gangguan baik atmosfirmaupun interferensi yang tidak diharapkan. Selain itu, Saluran siar FM standar menduduki lebih dari sepuluh kali lebar bandwidth (lebar pita) saluran siar AM, subhanallah.

Namun untuk pengelola radio di perkotaan agak sulit dalam mendapatkan izin siaran di gelombang radio FM, hal ini dikarenakan banyaknya stasiun radio yang saling berlomba dan berkompetisi secara ketat dalam mendapatkan gelombang radio FM. Dan hanya stasiun radio yang dikelola secara profesional dengan program siaran unggulan lah yang berhasil mendapatkan izin siaran di gelombang FM antara 88-108 MHz.

Salah satu media yang kini Alhamdulillah sudah banyak dimiliki oleh umat Islam adalah Radio, salah satunya adalah Radio FAJRI FM 99.3 MHz. Dan setidaknya hal ini dapat menjadi pilihan bagi ummat Islam dalam mendapatkan ajaran-ajaran Islam yang murni di tengah besarnya bahaya arus globalisasi dan kampanye kesesatan yang digembar-gemborkan oleh setan dan para pengikutnya melaluli media massa. Mari kita ajak sebanyak-banyaknya manusia untuk mendengarkan radio FAJRI..!!

Berikut Profile Radio FAJRI FM 99.3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments links could be nofollow free.