Syarat-Syarat Terkait Mengenai Kewajiban Membayar Zakat Fitrah

Saudaraku yang dimuliakan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Zakat fitrah adalah salah satu dari sekian banyak syari’at yang telah Allah tetapkan bagi seorang muslim. Ia adalah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan ketika telah memenuhi syarat-syaratnya. Sebagaimana kewajiban melaksanakan shalat yang harus memenuhi syarat-syaratnya, maka zakat fitrahpun demikian.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi bahwa seseorang itu wajib untuk membayarkan zakat fitrah, diantaranya adalah :

Syarat Pertama: Muslim / beragama Islam : Seseorang yang mengaku muslim maka wajib atasnya, baik orang merdeka atau budak, laki-laki atau perempuan, kecil atau besar, untuk membayar zakat fitrah, hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits Ibnu Umar radhiyallahu’anhuma, beliau berkata,

أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَرَضَ زَكَاةَ الْفِطْرِ مِنْ رَمَضَانَ عَلَى كُلِّ نَفْسٍ مِنَ الْمُسْلِمِينَ حُرٍّ، أَوْ عَبْدٍ، أَوْ رَجُلٍ، أَوِ امْرَأَةٍ، صَغِيرٍ أَوْ كَبِيرٍ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ، أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ

“Bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitri karena telah berakhir Ramadhan, atas setiap jiwa kaum muslimin, orang merdeka atau budak, laki-laki atau wanita, kecil atau besar, sebanyak satu sho’ kurma atau satu sho’ gandum.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim].

Syarat Kedua: Memiliki Kecukupan : yaitu memiliki makanan di siang dan malam idul fitri, lebih dari satu sho’ yang mencukupi dirinya dan tanggungannya, serta kebutuhan-kebutuhan dasarnya.[3]

Maka orang miskin sekali pun, apabila memiliki syarat kecukupan ini, wajib atasnya mengeluarkan zakat fitri, walau kecukupannya tersebut juga berasal dari zakat fitri yang ia terima.

Syarat Ketiga: Masuknya waktu yang diwajibkan : yaitu terbenamnya matahari di akhir Ramadhan, sebagaimana hadits Ibnu Umar radhiyallahu’anhuma, beliau berkata,

أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَرَضَ زَكَاةَ الْفِطْرِ مِنْ رَمَضَانَ

“Bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitri karena telah berakhir Ramadhan.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim].

Adapun bila seseorang  yang menikah sebelum terbenam matahari di akhir Ramadhan wajib atasnya mengeluarkan zakat fitrah bagi istrinya. Atau memiliki anak sebelum terbenam matahari, wajib atasnya mengeluarkan zakat fitrah bagi anaknya. Atau masuk Islam sebelum terbenam matahari maka wajib atasnya mengeluarkan zakat fitrah bagi dirinya. Namun jika itu semua terjadi setelah terbenam matahari maka tidak wajib.

Demikian beberapa point penting tentang syarat-syarat wajibnya membayar zakat fitrah, semoga tulisan ini bermanfaat dan kita berharap dipenghujung Ramadhan ini kita semakin lebih mendekatkan diri kepada Allah Subhanu wa Ta’ala dan semoga kita dijadikanNya termasuk ke dalam golongan hambaNya yang bertakwa. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments links could be nofollow free.