Halaqah Studi Islam

Halaqoh Studi Islam Intensif

Seorang muslim tentu tidak akan bisa melaksanakan dengan benar berbagai kewajiban, meninggalkan larangan, dan menjauhi kemaksiatan serta mengerjakan amalan-amalan sunnah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wata’ala, kecuali dengan dasar ilmu. Tanpa ilmu seseorang hanya menduga-duga dalam melakukan perbuatan. Ia menduga telah melakukan kebaikan padahal kemaksiatan. Ia menduga telah menjauhi kemaksiatan padahal ia masih berkubang di dalamnya.

Fenomena yang terjadi di kalangan kaum musliman adalah  adanya sangkaan bahwa banyak amal dan ibadah sudah cukup mendapatkan jaminan hari akhiratnya, atau paling tidak itu merupakan tanda kebenaran dan bukti keshalihan. Padahal Allah Ta’ala telah mengingatkan melalui firman-Nya:

وَقَدِمْنَا إِلَى مَا عَمِلُوا مِنْ عَمَلٍ فَجَعَلْنَاهُ هَبَاءً مَنْثُورًا

Dan Kami hadapi segala amal yang mereka kerjakan, lalu Kami jadikan amal itu (bagaikan) debu yang berterbangan.” (QS al-Furqan:23)

Bukan saja amalannya tidak dianggap sebagai amalan yang diterima, bahkan dialah penyebab masuknya ke dalam api neraka. Allah Ta’ala berfirman, “Sudah datangkah kepadamu berita (tentang) hari pembalasan? Banyak muka pada hari itu tunduk terhina, bekerja keras lagi kepayahan, memasuki api yang sangat panas (neraka). (QS. al-Ghasyiah:1- 4)

Allah Subhanahu wat’ala juga mencela orang yang beramal tanpa ilmu dan sebaliknya Allah Ta’ala memberikan pujian dan kemuliaan kepada orang berilmu. Seperti di dalam QS. Ar-Ra’du: 19, Allah Subhanahu wata’ala membedakan antara orang yang berilmu dengan orang yang bodoh, bagaikan orang yang melihat dengan si buta. Bahkan orang yang bodoh disamakan dengan binatang, dan lebih dungu daripada binatang. “Sesungguhnya binatang (makhluk) yang seburuk-buruknya pada sisi Allah, ialah orang-orang yang pekak dan tuli yang tidak mengerti apa-apa.” (QS. al-Anfal: 22)

Itulah sebabnya, mencari ilmu merupakan sebuah kewajiban. Tidak boleh dipandang sebelah mata, diremehkan atau tidak diacuhkan. Usia sudah menua ataupun kesibukan aktivitas, tidak bisa menjadi alasan pembenaran untuk tidak mencari ilmu dan lalai mencari ilmu. Kewajiban menutut ilmu senantiasa melekat selama hayat masih dikandung badan.

Saking pentingnya ilmu sebelum berucap dan beramal, Imam Bukhari membuat bab di dalam kitab Shahih-nya yaitu bab Berilmu sebelum berucap dan beramal.

Dengan ilmu, menjadi sarana yang dapat menghantarkan seorang muslim ke surga. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalaam bersabda:

Barangsiapa yang meniti suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah memudahkan untuknya jalan menuju Surga. Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah (masjid) untuk membaca Kitabullah dan mempelajarinya di antara mereka, melainkan ketenteraman turun atas mereka, rahmat meliputi mereka, Malaikat mengelilingi mereka, dan Allah menyanjung mereka di tengah para Malaikat yang berada di sisi-Nya. Barangsiapa yang lambat amalnya, maka tidak dapat dikejar dengan nasabnya.” (Hadits shahih: Diriwayatkan oleh HR. Muslim no. 2699, Ahmad II/252, 325, Abu Dawud no. 3643, At-Tirmidzi no. 2646, Ibnu Majah no. 225, dan Ibnu Hibban no. 78-Mawaarid), dari Shahabat Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu. Lafazh ini milik Muslim).

Untuk itu, HASMI Depok membuka kesempatan kepada kaum muslimin dan muslimat untuk mengikuti bimbingan dan kajian keislaman secara sistematik dan gratis yang diselenggarakan melalui program Halaqoh Studi Islam (HSI). Jadwal, waktu dan tempat dapat diatur menyesuaikan kondisi peserta HSI.

  1. HSI Pancoran Mas dan sekitarnya, CP. 0816-1717-4152 (Akh Herianto)
  2. HSI Cipayung dan sekitarnya, CP. 0878-7846-1786 (Akh Bima)
  3. HSI Sawangan dan sekitarnya, CP. 0812-8031-943 (Akh Wasidarto)
  4. HSI Cinere dan sekitarnya, CP. 0813-1048-1070 (Akh Sanusi)
  5. HSI Tapos dan sekitarnya, CP. 0852-8967-1603 (Akh Husen)

Info Kajian Sunnah

Selain itu, HASMI Depok juga mengajak seluruh kaum muslimin dan muslimat khususnya yang berada di wilayah Depok dan sekitarnya untuk mengikuti kajian-kajian keilmuan maupun program dakwah lainnya yang diselenggarakan oleh HASMI Depok, yaitu Kajian Umum Tiap Pekan, Kajian Kitab Riyadhusholihin, Program Dauroh Ilmiah (PRODI), Safari Dakwah (SAFDA), Jaulah Dakwah (tebar kartu dakwah) dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments links could be nofollow free.