Panduan Berhari Raya Iedul Adha Sesuai Sunnah

shalat iedul adha 1436 H Hasmi Depok copy

Hari Raya Iedul Adha

Tak terasa hari raya iedul adha di tahun ini, 10 Dzulhijah 1436 H tinggal beberapa hari lagi, ummat Islam dari seluruh penjuru dunia akan melaksanakan suatu ibadah yang agung yaitu shalat Iedul adha yang kemudian dilanjutkan dengan berqurban atau menyembelih hewan qurban. Alloh Subhanahu wa Ta’ala telah mensyariatkan berqurban dengan firman-Nya:

Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membencimu dialah yang terputus.” (Q.S: Al-Kautsar: 1 — 3).

Hari Raya Iedul Adha

 

Hari Raya Iedul Adha

Karena shalat iedul adha dan berqurban adalah suatu ibadah yang telah Alloh dan Rasul-Nya tetapkan dan dicontohkan, maka seharusnya kaum muslimin memberikan perhatian yang penting tentang bagaimana panduan berhari raya iedul adha sesuai dengan sunnah Rasulullah Shallallahu a’laihi wa Sallam, berikut tentang panduan berhari raya iedul Adha sesuai sunnah:

  1. Berpuasa Arofah dulu sehari sebelum ied karena menghapus dosa setahun yg lalu & setahun yg akan datang.(HR.Muslim)
  2. Memperbanyak takbir dihari tersebut sampai akhir hari tasyriq(13zulhijah) waktu ashar.(QS.Hajj:37)
  3. Mandi ketika akan berangkat solat ied
  4. Memakai pakaian terbaik dan parfum (khusus laki2) khusus wanita jangan berlebihan dalam dandan dan dilarang menggunakan parfum saat keluar solat.(HR.Hakim)
  5. Mengakhirkan makan sampai selesai solat & dianjurkan makan dari sembelihan qurban.(HR.Tirmizi)
  6. Berangkat solat dgn jalan kaki.(HR.Ibnu Majah)
  7. Menggunakan jalur yg berbeda saat berangkat & pulang solat.(HR.Bukhori)
  8. Menyimak khutbah
  9. Mengajak wanita dan anak kecil solat ied di lapangan.(HR.Bukhori)
  10. Tidak ada solat sunah qobliyah/badiyah jika solat di lapangan(muttafaq alaih) dan tidak ada azan atau iqomah saat akan solat (HR.Bukhori)

Nah inilah beberapa point penting dalam hari raya iedul adha, semoga artikel tentang Panduan Berhari Raya Iedul Adha Sesuai Sunnah dapat membantu anda dalam memahami sunnah-sunnah yang telah Rasululloh contohkan sehingga bisa diaplikasikan pada saat Hari raya iedul adha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments links could be nofollow free.