Pengertian Arti Ikhlas Menurut Bahasa dan Istilah dalam Pandangan Islam

pengertian ikhlas

Ikhlas merupakan salah satu dari berbagai amal hati dan bahkan ikhlas berada dibarisan paling depan dari amal-amal hati. Karena sebab diterimanya amal tidak bisa menjadi sempurna kecuali dengan amal yang ikhlas.

Secara bahasa pengertian ikhlas bermakna bersih, murni dan khusus. (Mukthar As-shihah: 163). Adapun secara terminologi atau istilah kata ikhlas ada yang mendefinisikan dengan :

’’ Adalah suatu pengosongan maksud ( tujuan ) untuk bertaqarub kepada Allah Yang Maha Mulia dari segala macam noda (kehidupan)”.

Ada juga yang mendefinisikan ikhlas adalah ifraadullah (mengesakan Allah) dalam maksud dan ketaatan.

Dari definisi tersebut di atas dapat dinyatakan bahwa Pengertian Arti Ikhlas Menurut Bahasa dan Istilah dalam Pandangan Islam adalah suatu aktifitas rohani (baca:hati) yang menghendaki keridhaan Allah dengan suatu amal, membersihkannya dari segala noda individual maupun duniawi. Tidak ada yang melatarbelakangi suatu amal kecuali karena Allah dan demi hari akhirat. Tidak ada noda yang mencampuri suatu amal, seperti kecendrungan kepada duniawi untuk dirinya sendiri baik yang tampak maupun tersembunyi, atau karena harta rampasan, karena syahwat, kedudukan, harta benda, ketenaran, mencari sanjungan, ataupun alasan-alasan lainnya yang tidak terpuji yang intinya menghendaki selain Allah dengan suatu amal, siapapun dan apa pun.

Pengertian Arti Ikhlas Menurut Bahasa Dan Istilah Dalam Pandangan Islam

Pengertian Arti Ikhlas Menurut Bahasa dan Istilah dalam Pandangan Islam

Landasan amal yang ikhlas adalah memurnikan niat karena Allah semata. Yang dimaksud niat disini adalah pendorong kehendak manusia untuk mewujudkan suatu tujuan yang dituntutnya.  Maksud pendorong adalah penggerak kehendak manusia yang mengarah kepada amal.  Sedangkan tujuan pendorongnya amat banyak dan beragam.

Orang mukmin yang lurus adalah jika pendorong agama di dalam hatinya bisa mengalahkan pendorong hawa nafsu, porsi akhirat bisa mengalahkan porsi dunia, mementingkan apa yang ada di sisi Allah daripada apa yang ada di sisi manusia, menjadikan niat, perkataan dan amalnya untuk Allah, menjadikan shalat, ibadah, hidup dan matinya untuk Allah, rabb semesta aam. Inilah yang disebut ikhlas.

Semoga artikel tentang Pengertian Arti Ikhlas Menurut Bahasa dan Istilah dalam Pandangan Islam ini bermanfaat bagi anda, dan semoga amal kita senantiasa terjaga dari unsur-unsur yang bertentangan dengan keikhlasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments links could be nofollow free.