Taubat akan Menggugurkan Dosa Dosa dan Hukuman

taubat segera copy

Kita ketahui bahwa semua manusia pasti mendambakan ketentraman, hidup penuh kebahagiaan dan dijauhkan dari keburukan, namun disisi lain besarnya hawa nafsu yang tak terkendali dan tipu daya syaithon selaku musuh sejati manusia akan terus dan berupaya menjerumuskan anak adam jatuh ke lubang dosa dan kenistaan.

Sesungguhnya seluruh anak Adam adalah mudah terjerumus ke dalam kesalahan dan dosa, dan sebaik-baik orang yang berbuat dosa adalah orang yang segera bertaubat dari dosa dan kesalahannya.

Dan ketahuilah bahwa taubat itu akan menghapus dosa-dosanya dan menggugurkan hukuman yang seharusnya ia dapatkan akibat kesalahannya.

Allah ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang sebenar-benarnya, mudah-mudahan Rabb kalian akan menghapus kesalahan-kesalahan kalian, dan memasukkan kalian ke dalam surga-surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai”. (QS. At-Tahrim: 8)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, dalam hadits qudsi:

 قَالَ الله تَعَالَى: { يَا ابْنَ آدَمَ، إِنَّكَ مَا دَعَوْتَنِيْ وَرَجَوْتَنِيْ غَفَرْتُ لَكَ عَلَى مَا كَانَ مِنْكَ وَلاَ أُبَالِيْ، يَا ابْنَ آدَمَ لَوْ بَلَغَتْ ذُنُوْبُكَ عَنَانَ السَّمَاءِ ثُمَّ اسْتَغْفَرْتَنِيْ غَفَرْتُ لَكَ وَلاَ أُبَالِيْ، يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِيْ بِقُرَابِ الأَرْضِ خَطَايَا ثُمَّ لَقِيْتَنِيْ لاَ تُشْرِكْ بِيْ شَيْئًا لَأَتَيْتُكَ بِقُرَابِهَا مَغْفِرَةً } رواه الترمذي.

“Allah Ta’ala berfirman: “Wahai anak Adam, sesungguhnya jika engkau memohon dan mengharap kepada-Ku, niscaya Aku ampuni dosa-dosamu yang lalu dan aku tidak peduli. Wahai anak Adam, seandainya dosa-dosamu sampai ke awan langit, kemudian engkau memohon ampun kepada-Ku niscaya Aku mengampunimu dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam, sesungguhnya jika engkau datang kepada-Ku dengan dosa-dosa sepenuh bumi dan kamu menemui-Ku dalam keadaan tidak menyekutukan-Ku dengan sesuatupun, niscaya Aku datangkan utukmu ampunan sepenuh bumi pula.” (HR. At-Tirmidzi, ia berkata: hadits ini hasan).

Semoga Alloh senantiasa menjaga dan menjauhkan kita dari perbuatan-perbuatan buruk, dan semoga kesalahan yang pernah kita lakukan segera Alloh ampuni agar kita menjadi hamba yang selamat di dunia dan akhirat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments links could be nofollow free.