Inilah Khasiat Penting Tanaman Temulawak Untuk Kesehatan

temulawak

Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat secara umumnya, walaupun tanaman temulawak ini lebih dominan didapatkan di pulau jawa, namun temulawak juga bisa anda temukan di daerah luar jawa bahkan sudah ditanam di sebagian negara.

Berdasarkan hasil penelitian, temulawak ini mengandung 48-59,64 % zat tepung, 1,6-2,2 % zat kurkumin, dan 1,48-1,63 % mengandung minyak asiri. Khasiat temulawak dengan komposisi inilah ternyata dipercaya bisa meningkatkan fungsi ginjal serta anti inflamasi. Khasiat lainnya dari tanaman ini adalah dapat dipakai sebagai obat jerawat, meningkatkan nafsu makan, anti-inflamasi, anti-oksidan, antikolesterol, anemia, pencegah kanker, dan sebagai anti-mikroba.

Berikut ini akan kami jabarkan beberapa khasiat penting temulawak untuk kesehatan tubuh :

  • Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Pada sebagian orang, terutama orang tua, penyakit kolesterol banyak diderita. Jika anda memiliki orang tua yang terkena kolesterol tinggi, anda bisa memanfaatkan khasiat temulawak untuk menurunkannya. Caranya ialah dengan mengambil 2-4 ibu jari lengkuas. Lalu, kupas kulit rimpang temulawak, kemudian diparut. Setelahnya ditambahkan 3/4 cangkir air panas dan tunggu beberapa saat supaya mengendap. Bila telah dingin, endapannya dipisahkan dan airnya diminum.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari khasiat temulawak, cara ini dianjurkan dilakukan setiap hari. Selain menurunkan kolesterol, cara yang digunakan ini bisa dipakai untuk mengontrol kadar kolesterol darah dalam tubuh.

  • Menyembuhkan Penyakit Maag

Sakit maag mulanya dapat timbul disebabkan karena telat makan, sehingga mengakibatkan asam lambung meningkat. walaupun hanya sakit perut, namun bila dibiarkan terus dapat menjadi kronis sehingga bisa mengakibatkan orang harus masuk rumah sakit lantaran sakit mag ini.

Adapun cara mudah membuat temulawak sebagai obat sakit maag, yakni mengambil temulawak sebesar ibu jari orang dewasa, lalu temulawak tersebut diiris-iris sebanyak 5-8 irisan.Irisan temulawak tadi lalu direbus dengan air sekitar tiga gelas. Biarkan sampai air irisan temulawak tersebut mendidih dan anda dapat menyisakan satu gelas saja untuk  diminum selagi masih hangat.

  • Mengatasi Diare

Selain dengan memakan daun jambu biji muda untuk mengobati diare, ternyata temulawak juga bisa menjadi alternatif obat untuk mengatasi diare. Caranya yakni mengambil temulawak sebesar ibu jari, kemudian dipanggang sampai gosong. Kemudian, temulawak tersebut digiling, lalu diseduh sebanyak 1/2 cangkir air panasdan anda bisa menambahkan 1 sendok makan madu untuk memberikan rasa manis.

Nah demikianlah beberapa point penting tentang  khasiat temulawak untuk kesehatan tubuh. Semoga artikel Inilah Khasiat Penting Tanaman Temulawak Untuk Kesehatan ini bisa membantu anda dalam mengobati penyakit anda tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal, baca juga tentang manfaat madu penyubu kandungan.

sumber: manfaatobatherbal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments links could be nofollow free.